Taati Keputusan KPU, Bagja: Penyelenggara Pemilu Fokus Siapkan Pemilu 2024 pada 14 Februari

By Humas 10 Mar 2022, 07:44:27 WIB Artikel
Taati Keputusan KPU, Bagja: Penyelenggara Pemilu Fokus Siapkan Pemilu 2024 pada 14 Februari

Keterangan Gambar : Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu Rahmat Bagja (kanan) memberikan paparan dalam Webinar yang digelar Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Rabu (9/3/2022)/foto: Publikasi dan Pemberitaan Bawaslu


Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum  - Anggota Bawaslu Rahmat Bagja menegaskan Bawaslu selalu mencari keputusan terkait waktu pelaksanaan Pemilu Tahun 2024. Menurutnya, publik perlu memahami pemilu tidak hanya berbicara pemungutan suara saja melainkan juga ada tahapan-tahapan sebelum pelaksanaan.
 
Dia menjelaskan KPU tengah merancangkan Peraturan KPU (PKPU) terkait tahapan Pemilu 2024, begitupula dengan penyusunan Perbawaslu untuk mengawasi tahapan Pemilu 2024. Maka untuk saat ini dia melihat tanggal yang ditetapkan untuk Pemilu mendatang masih 14 Februari 2024.
 
"Tidak ada penundaan, ini wacana kami menganggap sebagai penyelenggara jadi yang kami taati adalah keputusan KPU yang menyelenggarakan ini," jelasnya dalam Webinar Penundaan Pemilu diselenggarakan oleh Fakultas Hukum Universitas Indonesia di Jakarta, Rabu (9/3/2022).

Selain itu, dirinya menyatakan sekarang penyelenggara mempersiapkan tahapan uji publik untuk menyempurnakan draft PKPU. Di sisi lain, Bagja melihat KPU dan Bawaslu juga tengah mempersiapkan diri dalam menghadapi masalah yang ditemukan saat Pemilu 2024.
 
Beberapa persiapan yang tengah digarap untuk penyelenggara adalah pertama, draft tahapan baik untuk PKPU dan Perbawaslu. Kedua, dia melihat adanya tantangan dalam pelantikan KPU Provinsi serta Kabupaten/Kota begitupun dengan Bawaslu terkait waktunya sebab ada yang bisa dilakukan secara bersamaan dan tidak.

"Ketiga anggaran pemilu diberikan secara bertahap kepada KPU dan Bawaslu, jadi saat ini tidak ada isu tertunda. Itu tertunda. Itu awal dan wacana politik tapi fokus kami pada 14 Februari 2024," kata Kordiv Penyelesaian Sengketa Bawaslu tersebut.
 
Editor: Jaa Pradana
Penulis : Reyn Gloria
Sumber : bawaslu.go.id
 
 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment