Sambangi Antara, Bawaslu Jelaskan Peran Penting Media Cegah Disinformasi
Sambangi Antara, Bawaslu Jelaskan Peran Penting Media Cegah Disinformasi

By Humas 02 Nov 2021, 15:51:30 WIB SDM & Organisasi
Sambangi Antara, Bawaslu Jelaskan Peran Penting Media Cegah Disinformasi

Keterangan Gambar : Susana diskusi dalam kedatangan dua pimpinan Bawaslu (Fritz Edward Siregar dan Rahmat Bagja) beserta jajaran dengan pimpinan Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara di Kantor Antara, Jakarta, Senin 1 November 2021/Foto: Pemberitaan dan Publikasi Bawaslu RI


Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Menyambangi kantor Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara, Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar berharap peran media massa dalam mencegah disinformasi berupa hoaks dan ujaran kebencian dalam tahapan pemilu maupun pilkada. Menurutnya penginformasian kerja-kerja lembaga penyelenggara pemilu seperti Bawaslu amat penting mencegah disinformasi dalam pesta demokrasi.

Baca Lainnya :

Fritz meyakinkan,media massa amat penting dalam menekan kekerasan dalam penggunaan teknologi. "Semakin canggih teknologi, penggunaan kekerasan via media sosial bisa saja terjadi. Saya rasa kita perlu gunakan cara-cara baru untuk menekan masalah tersebut," ungkapnya saat berkunjung ke Redaksi Kantor Berita Antara, Senin, (01/11/2021).

Fritz menjelaskan, kedatangan Bawaslu sebagai rangkaian silaturahmi dan ungkapan terima kasih kepada Antara yang telah mempublikasikan kinerja maupun aktivitas Bawaslu selama mengawasi jalannya tahapan pesta demokrasi hingga saat ini. "Kami menjaga silaturahmi antara Bawaslu tetap terhaga. Kami berusaha dekat dengan kawan media. Karena kami berusaha menjadi lembaga informatif dan terbuka," ungkapnya.

Dalam kunjungan tersebut Fritz didampingi Anggota Bawaslu Rahmat Bagja, Tenaga Ahli Hukum, Humas, Data dan Informasi, Sulastio, Kepala Biro Hukum dan Humas Bawaslu Agung Bagus Gede Bhayu Indraatmaja, Koordinator Sub Bagian Humas Ali Imron, beserta jajaran struktural Bawaslu RI lainnya.

Bagja menuturkan, Bawaslu akan mempersiapkan cara dalam menghadapi konten-konten hoaks yang akan meramaikan Pemilu 2024, salah satunya lewat kemitraan dengan media massa. “Kita harus berpikir, bagaimana caranya menghadapi hoaks. Kemudian metodenya seperti apa, dan juga pembuatan serta struktur hukumnya,” sebutnya.

Dia menambahkan, berkat rekan-rekan awak media, data dan informasi dari Bawaslu bisa sampai ke masyarakat. Sebab baginya redaksi media massa bisa mengolah data-data mentah menjadi berita yang menarik dan informatif yang mudah dicerna oleh publik. Sehingga hubungan baik dengan media harus terus dirawat dan dijaga dengan baik.

"Narasi yang lebih baik dibuat oleh rekan-rekan Antara. Ini yang menjadi dasar kami ke antara. Kami berusaha lebih terbuka dengan wartawan," terangnya.

Sementara Direktur Pemberitaan sekaligus Pemimpin Redaksi Antara Ahmad Munir menyambut baik kedatangan Bawaslu. Sinergitas antar lembaga negara memang harus dijaga dan dibangun sejak dini. Ia pun berharap kedepannya kinerja dan prestasi Bawaslu semakin baik.

"Saya harap Bawaslu sukses awasi Pemilu Serentak 2024. Karena sudah teruji dan punya bekal dari pesta demokrasi sebelumnya," ungkapnya ditemani beberapa jajaran redaksi Antara.

Editor : Ranap Tumpal
Fotografer: Jaa Pradana

Penulis : Hendi Purnawan

Sumber : www.bawaslu.go.id




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment