Pendaftaran Pemantau Pemilu

By Humas 13 Jun 2022, 10:05:25 WIB Sosialisasi
Pendaftaran Pemantau Pemilu

Bawaslu Kota Balikpapan mengikuti kegiatan Bawaslu RI yang secara resmi melaunching Pendaftaran Pemantau Pemilu dan Peluncuran Meja Layanan Pemantau Pemilu Tahun 2024 di Gedung Bawaslu RI Jakarta, Jumat, 10 Juni 2022. Menindaklanjuti hal itu, sebagai jajaran di tingkat daerah, Bawaslu Kota Balikpapan membuka  pendaftaran pemantau pemilu di wilayah Kota Balikpapan.

Bawaslu Kota Balikpapan menyambut baik program tersebut. Kegiatan launching tersebut merupakan pertanda jika Bawaslu Kota Balikpapan siap menerima pendaftaran Pemantau Pemilu. Bagi sahabat sekalian yang ingin berkontribusi dalam perhelatan Pemilu Serentak 2024 sebagai Pemantau Pemilu sudah bisa mendaftarkan diri.(Jumat, 10/05/2022).

”Program ini dilaksanakan di Bawaslu RI, Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kab/Kota, sehingga nanti kedepannya kehadiran teman – teman pemantau dapat mengawal dan mengawasi tahapan, pertama pada tahapan pendaftaran parpol yang sebentar lagi akan dilaksanakan,” ujar Ketua Bawaslu Kota Balikpapan Agustan.

Baca Lainnya :

“Kita berharap, semoga demokrasi Indonesia lebih baik lagi dengan hadirnya pemantau pemilu, mari bersama – sama wujudkan pemilu yang adil, berintegritas dan bermartabat” tambahnya.

Sesuai amanat 437 UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, proses pendaftaran pemantau pemilu dilakukan secara berjenjang, mulai dari tingkat pusat sampai Kabupaten/Kota dan Sesuai Pasal 435 UU Pemilu, yang dapat mendaftar sebagai pemantau pemilu itu salah satunya adalah Ormas berbadan hukum yayasan atau berbadan hukum perkumpulan yang terdaftar di pemerintah atau Pemda.

Untuk wilayah Kota Balikpapan, pendaftaran bisa dilakukan di Sekretariat Bawaslu Kota Balikpapan yang beralamat di Jl. MT. Haryono No. 109 Rt.37 Kel. Damai Bahagia, Kec. Balikpapan Selatan.

Soal syarat untuk menjadi pemantau, telah diatur dalam Undang-Undang, Pemantau Pemilu mengembalikan formulir registrasi kepada Bawaslu, Bawaslu Provinsi atau Bawaslu Kabupaten Kota dengan menyerahkan kelengkapan administrasi :

  1. Profil organisasi/lembaga
  2. Memiliki surat keterangan terdaftar (SKT) dari pemerintah atau pemerintah daerah atau  memiliki pengesahan badan hukum yayasan atau badan hukum perkumpulan
  3. Nomor Pokok Wajib pajak (NPWP) organisasi/lembaga
  4. Nama dan jumlah anggota pemantau
  5. Alokasi anggota pemantau yang akan ditempatkan ke daerah
  6. Rencana dan jadwal kegiatan pemantauan serta daerah yang ingin dipantau dan
  7. Nama, surat keterangan domisili dan pekerjaan penanggungjawab pemantau yang dilampiri pas foto diri terbaru.

 

Tunggu apa lagi, segera daftarkan diri dan lembagamu!

Link form pendaftaran Pemantau Pemilu : DOWNLOAD DISINI




Video Terkait:

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment