; charset=UTF-8"> News - Bawaslu Kota Balikpapan fungsi

News

Pengumuman Anggota Panwascam Terpilih Pilkada 2020

Dalam rangka melaksanakan amanat Peraturan Badan Pengawas Pemilihan Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2017 sebagaimana diubah terakhir dengan Peraturan Badan Pengawas Pemilihan Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2019, setelah melakukan penilaian hasil pemeriksaan administrasi, tes tertulis dan wawancara. Bersama ini diumumkan nama-nama calon anggota Panwas Kecamatan yang lulus tes tertulis dan tes wawancara.

Read More

Tingkatkan Kompentensi Staf Kehumasan lewat Pelatihan, Agus: Semua Berita Pengawasan Layak Dipublikasikan

Bawaslu Kota Balikpapan – Badan Pengawas Pemilu Provinsi Kalimantan Timur (Bawaslu Kaltim) terus berupaya meningkatkan kompetensi dan pengetahuan staf di lingkungan kehumasan Bawaslu Kabupaten Kota. Salah satunya melaksanakan ‘Pelatihan Jurnalistik Berita untuk Publikasi Pilkada 2020’, melalui komunikasi dalam jaringan (daring), Kamis (23/4/2020).

Read More

Waspada Politik Uang Pilkada Balikpapan 2020 !

Bawaslu Kota Balikpapan – Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Balikpapan Wamustofa menilai politik uang ibarat angin, bisa dirasakan tapi sulit sekali dilihat bentuknya. Sebab, kata dia, ada beberapa dugaan praktik politik uang pada penyelenggaraan Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presidan (Pilpres) lalu di Balikpapan yang sulit dibuktikan.

Salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya hal tersebut (politik uang-Red) adalah minimnya partisipasi masyarakat untuk ikut serta mengawasi setiap tahapan Pilkada, “jarang sekali masyarakat yang melaporkan jika mereka melihat praktik politik uang, bisa jadi mereka ketakutan dan tidak mau berurusan dengan hukum atau bisa juga mereka menikmati karena menerima keuntungan,” ujar pria yang akrab disapa Topan ini.

Read More

Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP) Pertama Melalui Dalam Jaringan (Daring)

BawasluKotaBalikpapan – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) meluncurkan kegiatan Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP) pertama melalui dalam jaringan (daring) yang mana ke giatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengawasan pertisipatif pemilu dan pilkada oleh masyarakat serta merupakan perpanjangan tangan Bawaslu dalam menggerakan masyarakat untuk turut andil dalam melaksanakan pengawasan pertisipatif pemilu dan pilkada.

Read More

Pemilihan Kepala Daerah Dijadwalkan Kembali Segera Setelah Bencana Nonalam

Dalam perpu ini dijelaskan bahwa pelaksanaan pemilihan kepala daerah akan dilaksanakan bulan Desember 2020 (pasal 201A ayat 2), turunnya aturan ini sebagai jawaban tegas atas ketidak pastian gelaran pilkada yang dinanti banyak pihak, dan perpu ini juga sekaligus jadi pendoman bagi KPU untuk mengatur lebih lanjut teknis penyelenggaraan pilkada tahun 2020 yang sempat di tunda beberapa waktu lalu.

Read More

Persiapan Bawaslu Balikpapan dalam penyelesaian sengketa pemilihan kepala daerah Balikpapan tahun 2020

Balikpapan.bawaslu.go.id – Dalam kesempatan rapat via video conference zoom divisi penyelesaian sengketa Bawaslu Se Kalimantan Timur yang digelar (22/04/2020), pokok bahasannya adalah sosialisasi Peraturan Bawaslu terbaru nomor 2 tahun 2020 tetang tatacara penyelesaian sengketa, kemudian dilanjutkan persiapan masing-masing kabupaten/kota dalam penangan penyelesaian sengketa pemilihan dalam masa pandemic covid-19, dan terakhir sempat disinggung terkait keberadaan sentra gakkumdu.

Read More

HUT 12 BAWASLU-Bangun Solidaritas Kebangsaan Melawan Covid-19

Umum – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke – 12 secara serentak dengan mengusung tema “Bangun Solidaritas Kebangsaan Melawan Covid-19“, Kamis (9/4/2020) di Gedung Bawaslu RI Jalan MH Thamrin Nomor 14, Jakarta Pusat. Dalam rangka hari jadinya ke – 12 tersebut, Bawaslu melakukan kegiatan aksi sosial penyerahan bantuan Sembako kepada masyarakat, pencanangan gerakan penggunaan masker (non medis), dan menggelar aksi donor darah di seluruh Indonesia. Hal ini sekaligus membantu masyarakat yang membutuhkan akibat musibah pandemi virus Corona.

Read More

REFLEKSI 12 TAHUN BAWASLU RI

Balikpapan.bawaslu.go.id – Pengawas Pemilu ada sejak pelaksanaan Pemilu tahun 1982 dengan nama Panitia Pengawas Pelaksanaan Pemilu yang disingkat dengan Panwaslak Pemilu. Sudah banyak literatur yang mengulas tentang sejarah Pengawas Pemilu yang pada intinya menjelaskan bahwa keberadaan Pengawas Pemilu diharapkan mampu meningkatkan kualitas Pemilu, bersih dari kecurangan dan pelanggaran pada setiap pelaksanaan Pemilu. Dinamika kelembagaan Pengawas Pemilu terus berjalan seiring perkembangan dinamika sosial dan politik yang berimplikasi pada dinamika hukum. Dan saat ini, setiap tanggal 9 April diperingati sebagai hari jadi Pengawas Pemilu yang sekarang disebut sebagai Badan Pengawas Pemilihan Umum yang disingkat Bawaslu.

Read More

Bawaslu pilih opsi gelar Pilkada September 2021

Balikpapan.bawaslu.go.id – Munculnya wabah Covid-19 berakibat pada ditundanya pelaksanaan Pemilihan Serentak 2020. KPU Republik Indonesia telah mengeluarkan surat Keputusan Nomor 179/PL.02-Kpt/01/KPU/III/2020 tentang penundaan tahapan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota tahun 2020 dalam upaya pencegahan penyebaran covid-19.

Read More

Develop by ANKEALcode