MENDETAILKAN SYARAT FORMIL DAN MATERIIL PENYELESAIAN SENGKETA PROSES PEMILU

By Humas 03 Jun 2022, 14:29:47 WIB Penyelesaian Sengketa
MENDETAILKAN SYARAT FORMIL DAN MATERIIL PENYELESAIAN SENGKETA PROSES PEMILU

Menghadapi  pemilu tahun 2024 Anggota Bawaslu provinsi Kalimantan Timur Hari Dermanto, S.H., M.H melaksanakn Kunjungan Kerja ke Bawaslu Kota Balikpapan didampingi oleh Staf yang membidangi Penyelesaian Sengketa dalam Rangka  Mendetailkan Syarat Formil dan Materil Penyelesaian Sengketa Proses Pemilu, hadir dalam kegiatan tersebut Kordiv Penyelesaian sengketa Bawaslu Kota Balikpapan Dedi Irawan ,S.HI., M.H serta dua Orang Staff Seketariat yang Membidangi Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kota Balikpapan Selasa 31/05/2022.

Hari Dermanto selaku Kordiv Penyelesaian Sengketa menyampaikan bahwa pada saat  penerimaan permohonan dan melakukan verifikasi kelengkapan  administrasi secara formil dan materiil permohonan penyelesaian sengketa proses pemilu itu harus clear dan jelas. Berbeda dengan pemilihan, sengketa proses pemilu ini tidak dijelaskan secara rinci mengenai apa itu syarat formil dan materiil maka dari itu dengan pertemuan rapat ini harapannya dapat membantu Bawaslu Kota Balikpapan agar dapat melakukan penyelesaian sengketa proses dengan cepat dan tepat.

Dalam pertemuan tersebut, Hari juga menyampaikan bahwa akan membuat kalender skenario penyelesaian sengketa proses pemilu dari 12 hari menjadi 10 hari sejak permohonan terigistrasi sampai dengan Putusan guna  efisiensi waktu yang ada. “Agar tujuan efisiensi penyelesaian sengketa proses pemilu berjalan seperti yang diharapkan maka juga diperlukan sosialisasi dengan Partai Politik sebagai pemohon harus tajam dan matang” ujar Hari.

Baca Lainnya :

Dari hasil diskusi terdapat beberapa catatan yang harus diperbaiki dan dimaksimalkan juga terhadap kendala-kendala  yang pernah dialami sebelumnya sehingga  dapat berimbas positif  ke peningkatan kinerja dalam penyelesaian sengketa proses pemilu. Serta membahas beberapa kemungkinan-kemungkinan kendala yang akan muncul kedepannya agar siap menghadapi  Pemilu tahun 2024.*/sha

Penulis : Sinha




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment