Membangun Kemitraan dan Silaturahmi dengan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Balikpapan (STITBA)

By Humas 17 Des 2021, 16:27:20 WIB Pengawasan
Membangun Kemitraan  dan Silaturahmi dengan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Balikpapan (STITBA)

Balikpapan - (Kamis, 16/12/2021) Komisioner dan Staf Bawaslu Kota Balikpapan berkunjung ke Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Balikpapan (STITBA).

Kunjungan silaturahmi yang dilakukan Bawaslu Kota Balikapapan disambut baik oleh Ketua STIT Balikpapan Khoirul Anam Siddeh dan Siti Fatimah selaku Kepala Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI).

Agenda ini bertujuan dalam rangka silaturahmi sekaligus penandatanganan Nota Kesepahaman Memorandum of Understanding (MoU) antara Bawaslu Kota Balikpapan dengan STITBA, tentang Penguatan Pengawasan Pemilu dan Pilkada dalam pelaksanaan Tri Dharma di Perguruan Tinggi.

Baca Lainnya :

Dalam diskusi yang berlangsung dengan hangat di ruang Ketua STITBA, Ahmadi Azis selaku Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan antar Lembaga menyampaikan program yang dimaksud dari kunjungan silaturahmi Bawaslu Kota Balikpapan yakni mengembangkan pengawasan partisipatif antar lembaga.

"Kita datang ke STITBA dan beberapa kampus di Balikpapan untuk merencanakan program Bawaslu yakni bagaimana mengembangkan pengawasan partisipatif antar lembaga", ucap Ahmadi.

Ahmadi juga menambahkan, "bahwa Bawaslu Kota Balikpapan bukan hanya mengawasi pemilu melainkan mengadakan kegiatan-kegiatan dalam hal Pendidikan Politik, Demokrasi dan Pengawasan Partisipatif yang sudah dilaksanakan sebelumnya yakni Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP)", tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, ketua STITBA setuju dengan penyampaian dari komisioner Bawaslu Kota Balikpapan

"saya rasa hal seperti itu perlu, agar pemahaman masyarakat tidak keliru tentang Bawaslu, yang menilai bahwa tugas Bawaslu hanya sekedar mengawasi dan tidak ada program lain", tanggapan Khoirul.

Dalam hal ini, Khoirul Anam juga siap dalam kerjasama yang dilakukan Bawaslu Kota Balikpapan dengan STITBA "Tinggal nanti kedepannya, apa yang bisa kita lakukan dalam kerjasama ini, apakah kami menyiapkan sumber daya manusianya ataupun teknisnya bisa kita komunikasikan lagi terkait program Bawaslu", sambungnya.

Di sisi lain, Dedi Irawan selaku Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa menyampaikan keterlibatan Mahasiswa Kampus STITBA cukup banyak dalam kegiatan yang diselenggarakan Bawaslu Kota Balikpapan.

"Sebetulnya, tanpa kita sadari mahasiswa Stitba sudah beberapa terlibat dalam kegiatan Bawaslu Kota Balikpapan, baik kegiatan pendidikan politik, sosialisasi regulasi dan juga SKPP (Sekolah Pengawasan Partisipatif", ujar dedi.

"Artinya Bawaslu dan STITBA sudah bersahabat baik dalam keterlibatan pengawasan partisipatif ini", sambung Dedi.

Bawaslu Kota Balikpapan mengharapkan dari pertemuan ini, bisa mempererat hubungan Bawaslu dengan STITBA dilakukan secara kelembagaan dengan penandatanganan kerjasama nota kesepahaman MoU.

Penandatanganan Nota Kesepahaman MoU dilakukan oleh Ketua STITBA di ruang Aula Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Balikpapan (STITBA) dan penyerahan sertifikat MoU serta buletin terbitan Bawaslu Kota Balikpapan./*icl

Penulis : Ical




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment