Kesiapan Divisi Sengketa Dalam Menghadapi Pemilu Serentak Tahun 2024.

By Humas 25 Apr 2022, 13:37:37 WIB Penyelesaian Sengketa
Kesiapan Divisi Sengketa Dalam Menghadapi Pemilu Serentak Tahun 2024.

Bawaslu Kota Balikpapan menerima kunjungan kerja dari Pejabat Fungsional Bawaslu Republik Indonesia dalam rangka pengawasan potensi sumber daya manusia dalam penyelesaian sengketa secara berani melalui SIPS. Jum'at 22/4/2022

Pertemuan tersebut dihadiri oleh Ketua dan anggota Bawaslu Kota Balikpapan bersama staf sekretariat dan CPNS bertempat di ruang rapat lantai 3 kantor Bawaslu Balikpapan Jalan MT. Haryono Balikpapan Selatan.

Dalam pertemuan tersebut, Moch Yusuf A selaku subkoord/jf menyampaikan tujuan datang ke Balikpapan untuk melakukan pengawasan terhadap kesiapan divisi sengketa dalam menghadapi pemilu serentak tahun 2024.

Baca Lainnya :

Untuk diketahui bahwa pada rapat pemerintah, DPR komisi 2 dan penyelenggara pemilu tanggal (24/1/2022) telah disepakati pemungutan suara pemilu serentak tahun 2024 digelar pada hari rabu tanggal 14 Februari 2024.

Pada kesempatan tersebut Dedi Irawan, sebagai koordinator divisi sengketa memaparkan agenda pembagian sengketa sebelum pemilu 2024, yaitu keterpenuhan SDM, sarana prasarana, bimbingan teknis internal dan pencegahan perselisihan.

"Persiapan pemilu Balikpapan punya 13 orang staf pelaksana, ada tambahan 4 orang CPNS dari pusat"

Moch Yusuf A mengapresiasi Bawaslu Kota Balikpapan memiliki SDM yang cukup, akan lebih memahami teknis penyelesaian sengketa. Ia juga memaklumi kekurangan fasilitas sarana prasarana yang belum tersedia keterbatasan keterbatasan ini untuk menjadi perhatian Bawaslu Republik Indonesia.

Kemudian Ia menambahkan bahwa di Jawa ada Bawaslu kabupaten yang hanya memiliki staf 3 orang saja sementara komisionernya ada 5, mareka kesulitan dalam membagi tugas tugas kerja. Oleh karena itu Yusuf meminta kepala sekretariat Bawaslu Balikpapan agar mengoptimalkan SDM yang tersedia untuk mendukung teknis penyelesaian sengketa dan pemilihan

Sebelum pertemuan ditutup Dedi Irawan, menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi atas kehadiran Pejabat fungsional di Bawaslu Kota Balikpapan. "Kehadiran Bang Yusuf dan tim ini menjadi motivasi bagi kami untuk bekerja lebih baik"

Kemudian ditutup dengan buku catatan Laporan Tahunan Divisi penyelesaian sengketa Balikpapan tahun 2021, kemudian dilanjutkan dengan buku catatan dari Moch Yusuf untuk Balikpapan tentang pedoman penyelesaian perselisihan proses pemilu.

Penulis : Dedi Irawan






Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment