; charset=UTF-8"> Bawaslu Provinsi Kaltim gelar kelas online interaktif divisi penyelesaian sengketa - Bawaslu Kota Balikpapan fungsi

Bawaslu Provinsi Kaltim gelar kelas online interaktif divisi penyelesaian sengketa

Balikpapan, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu Provinsi Kalimantan Timur menggelar Kelas Online Interaktif Divisi Penyelesaian Sengketa dengan Staf Bawaslu Kabupaten/Kota se-Kalimantan Timur, Jum’at pagi (8/5).

Kelas Online Interaktif ini berlangsung dengan penuh kesederhanaan, dan dilakukan secara langsung melalui aplikasi zoom. Tampak hadir Hari Darmanto selaku Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu Provinsi Kalimantan Timur serta Reki Putra Jaya, Ahli/Tim Asistensi Bawaslu RI selaku Narasumber.

Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu Prov. Kaltim, Hari Darmanto dalam arahannya menyampaikan kewenangan memutus permohonan sengketa secara lembaga bukan hanya ditempatkan kepada pimpinan lembaga tetapi juga termasuk peran pejabat sekretariat dan para staf.

Kelas online Divisi sengketa

“Kewenangan memutus dalam sengketa ini merupakan satu kewenangan kalau kita lihat secara kelembagaan sebenarnya tidak hanya ditumpukan kepada pimpinan lembaga, tetapi di dalamnya juga terdapat kerja kolosal para pihak, dimana ada staf dan pejabat sekretariat” ujar Hari.

Dalam Kelas Online Interaktif tersebut juga Reki Putra Jaya selaku Narasumber, menyampaikan hal-hal penting terkait mekanisme penyelesaian sengketa pemilihan yang mana secara garis besar menjelaskan tentang peran dari petugas penerima permohonan; bagaimana cara menerima dokumen permohonan; cara menyampaikan kepada Ketua dan Anggota Bawaslu untuk melakukan Pleno; peran panitia musyawarah secara tertutup dan terbuka; peran dalam penyelesaian sengketa antarpeserta secara cepat; dan peran dalam melakukan laporan progres penyelesaian sengketa kepada Bawaslu secara berjenjang.

Pada akhir Kelas Online Interaktif ini, Narasumber juga berdo’a supaya pandemi covid-19 ini segera berakhir, dan lembaga dapat kembali beraktivitas dan bekerja seperti biasa.

Kelas Online Interaktif ini terbagi menjadi dua kali pertemuan, yang mana pertemuan kedua akan dimulai pada Sabtu, 09 Mei 2020.

Penulis: Salim Ansory

Develop by ANKEALcode