Bawaslu Kota Balikpapan Audiensi ke Disdukcapil Kota Balikpapan

By Humas 18 Mar 2022, 13:30:48 WIB Pengawasan
Bawaslu Kota Balikpapan Audiensi ke Disdukcapil Kota Balikpapan

Balikpapan - Dalam rangka meningkatkan kualitas Pengawasan Pemuktahiran Data Pemilih Berkelanjutan khususnya di Kota Balikpapan,  Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Balikpapan melakukan audiensi ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Balikpapan. (Kamis, 17/03/2022)

Pertemuan yang diwakili Komisioner Bawaslu Kota Balikpapan yakni Ahmadi Azis, Farida Asmmaunna dan Dedi Irawan serta didampingi Staf Sekretariat Bawaslu Kota Balikpapan  disambut baik oleh Hasbullah Helmi yang merupakan Kepala Dinas Dukcapil Kota Balikpapan.

Tujuan kedatangan Bawaslu Kota Balikpapan yakni silaturahmi sekaligus melakukan audiensi terkait Singkronisasi Data Kependudukan Dan Data Pemilih yang ditetapkan oleh KPU pada setiap bulan.

Baca Lainnya :

Utamanya adalah pemberian akses aplikasi WaCAT singkatan dari Wargaku Ke Capil Aku Tahu yang dimiliki oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Balikpapan, sehingga Data Pemilih kedepannya semakin valid dan tertib.

Pada diskusi tersebut, Ahmadi menyampaikan bahwa masih ada beberapa data yang tidak sinkron dari Hasil Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) dengan data yang di analisis oleh Bawaslu Kota Balikpapan,

"Bahwa memang ada data yang tidak sinkron antara data kependudukan dan data KPU, setelah kita analisis ada proses yang tidak dilakukan oleh KPU yakni mengupdate data kependudukan", ujar Ahmadi.

Dan dari pertemuan sebelumnya dengan Pak Widoyoko atau yang biasa di sapa Mas Koko selaku Kepala Seksi Pengelohan dan Penyajian Data Disdukcapil Kota Balikpapan, Bawaslu Kota Balikpapan mendapatkan informasi terkait aplikasi yang dibuat Disdukcapil Kota Balikpapan yakni aplikasi WaCAT.

"Sesuai dengan rapat kita yang lalu dengan Mas Koko, bahwa ada aplikasi yang dibuat Disdukcapil untuk mempermudah mengolah data kependudukan dan pemutakhiran data" pungkas ahmadi.

Mengenai hal itu,Ahmadi azis selaku Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubal menanyakan kembali dengan Kadis Dukcapil agar mengetahui cara mengakses aplikasi tersebut guna mengetahui kondisi data kependudukan.

Namun, Kepala Disdukcapil Kota Balikpapan belum bisa menjawab terkait aplikasi yang dimaksud sebelum tanggal 18 April 2022. Karena Disdukcapil juga masih menunggu penginstalan aplikasi dari pusat pada bulan April nanti utnuk menghindari server down dan akan mendiskusikan kembali dengan pusat.

Usai diskusi terkait data kependudukan, Bawaslu Kota Balikpapan menyerahkan hasil pencapaian selama kegiatan pengawasan dan kegiatan lainnya berupa buku dan buletin.*/icl

Penulis : Rizal




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment