Bawaslu Bahas Persiapan Kegiatan Debat Mahasiswa

By Humas 15 Des 2021, 11:28:48 WIB Artikel
Bawaslu Bahas Persiapan Kegiatan Debat Mahasiswa

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum Provinsi Kalimantan Timur - Anggota Bawaslu Provinsi Kalimantan Timur menghadiri kegiatan rapat yang dilaksanakan oleh Bawaslu RI pada Selasa, (14/12/2021). Rapat yang berlangsung di Menara Thamrin tersebut membahas persiapan Kegiatan Debat Mahasiswa dari perguruan tinggi seluruh Indonesia yang rencananya akan digelar pada Januari 2022 mendatang.


Rapat dipimpin langsung oleh Anggota Bawaslu RI Ratna Dewi Pettalolo. Turut hadir Kepala Biro Fasilitasi Penanaganan Pelanggaran Bawaslu RI, Yusti Erlina. Di hadapan Anggota Bawaslu Provinsi, Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran seluruh Indonesia, Ratna Dewi meminta masukan dan saran mengenai desain Debat Mahasiswa tahun 2022.

Salah satu hal yang menjadi sorotan ialah teknis penilaian dan penjurian, forum bersepakat bahwa kedua hal tersebut perlu dibahas dengan baik guna mengasilkan pedoman teknis yang fair kepada peserta debat mahasiswa nantinya. Indikator penilaian jelas dan pihak juri dapat memberikan penilan tanpa keberpihakan.

Baca Lainnya :

Usai pembahasan terkait teknis pelaksanaan debat, berikutnya penentuan tema debat pada masing-masing babak. Misalnya masalah penegakan hukum pemilu, politik uang, kemudian tema lainnya seperti pembatalan paslon, Sentra Gakkumdu, Sara, Netralitas ASN serta isu lain yang berpotensi muncul dalam pemilu tahun 2024.

Sesuai dengan tujuan dilaksanakan debat sebagai salah satu strategi sosialisasi penanganan pelanggaran kepada civitas akademika, Dewi berharap persiapan harus dilakukan secara matang dan maksimal. Hal ini tentu dapat dicapai dengan sinergitas seluruh jajaran Bawaslu, bersama-sama saling mempersiapkan Kegiatan Debat Mahasiswa ini mulai dari tingkat selesksi hingga putaran final. Sebab hasil pelaksanaan debat mahasiswa kali ini sangat menentukan keberlanjutan debat pemilu dalam memperebutkan piala Bawaslu.

 Penulis : Khadijah 

Sumber : kaltim.bawaslu.go.id




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment