Audiensi terkait Tahapan Verifikasi Partai Politik ke KPU Kota Balikpapan

By Humas 01 Apr 2022, 13:12:26 WIB Pengawasan
Audiensi terkait Tahapan Verifikasi Partai Politik ke KPU Kota Balikpapan

Balikpapan - Ketua dan Anggota Bawaslu Kota Balikpapan melakukan Audiensi ke KPU Kota Balikpapan terkait persiapan tahapan pendaftaran dan verifikasi partai politik peserta Pemilu tahun 2024. (Kamis,31/03/2022)

Audiensi tersebut dilakukan oleh Komisioner Bawaslu Kota Balikpapan diantaranya Agustan selaku Ketua Bawaslu Kota Balikpapan beserta Anggotanya yakni Farida Asmauanna, Dedi Irawan dan Ahmadi Azis.

Pada pertemuan yang berlangsung di Ruang Aula KPU Kota Balikpapan, Ketua Bawaslu Kota Balikpapan menyampaikan tujuan Audiensi tersebut yakni silaturahmi sekaligus membahas persiapan tahapan pendaftaran, verifikasi dan penetapan partai politik peserta Pemilu Tahun 2024.

Baca Lainnya :

Berkenaan dengan hal tersebut, Ketua KPU Kota Balikpapan menyambut baik kedatangan Bawaslu Kota Balikpapan di Ruang Aula Kantor KPU Kota Balikpapan.

Noor Thoha juga menjelaskan terkait verifikasi partai politik, bahwa sebelumnya verifikasi parpol ditangani oleh divisi Hukum dan sekarang berpindah tangan ke divisi Teknis Penyelenggaraan.

Pada kesempatan tersebut, Mega Fahriany Ferry selaku Komisioner yang membidangi Divisi Teknis Penyelenggaraan memaparkan materi tentang Isu Strategis terkait Pedoman Verifikasi Faktual Partai Politik Dalam Pemilu Serentak Tahun 2024.

Dalam pemaparannya, Mega mengatakan bahwa isu strategis dalam tahapan verifikasi partai politik pemilu serentak tahun 2024 terbagi atas keputusan MK yakni akan ada partai politik yang hanya diverifikasi secara administrasi.

"Bahwa dalam verifikasi parpol tersebut, ada parpol yang hanya diverifikasi secara administrasi yaitu partai Politik calon peserta Pemilu yang memenuhi ambang batas perolehan suara paling sedikit 4 (empat) persen dari perolehan suara sah secara nasional hasil Pemilu Terakhir dan memiliki keterwakilan di tingkat DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota", ucapnya

Selain itu, Mega juga memaparkan terkait data penduduk sebagai syarat jumlah anggota dalam verifikasi faktual partai politik, penentuan interval sampling verfak, alur penelitian verifikasi administrasi maupun faktual serta proses verifikasi pengurus, keterwakilan perempuan, kantor dan lainnya yang berkaitan dengan tahapan tersebut.

Berbicara verifikasi faktual parpol, Ahmadi yang membidangi Divisi Pengawasan dan Hubal mengatakan bahwa saat ini Bawaslu Kota Balikpapan juga merancang kalender pengawasan pada tahapan pendaftaran dan verifikasi partai politik untuk menganalisa potensi pelanggaran yang terjadi kedepannya.

"Saat ini kami juga mengusut kalender pengawasan, untuk memastikan potensi dugaan pelanggaran apa saja yang kira-kira terjadi dalam verifikasi faktual partai politik", pungkasnya.

Dalam hal ini, harapan Bawaslu Kota Balikpapan dapat bersama-sama dengan KPU Kota Balikpapan agar mencegah terjadiny potensi pelanggaran dan potensi sengketa di Kota Balikpapan

Disisi lain, Dedi Irawan selaku Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa juga berharap koordinasi antara Bawaslu dan KPU Kota Balikpapan  bisa lebih intens lagi, agar dalam proses verifikasi partai politik tidak ada kesalahpahaman dan dapat meminimalisir sengketa di Bawaslu.

"Kami berharap  kedepannya diberikan jadwal tim verifikator, setidaknya ada koordinasi yang intens agar meminimalisir sengeketa di Bawaslu", pungkasnya.*/icl

Penulis : Rizal




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment