Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2024 ini digelar serentak se-Indonesia

By Humas 15 Jun 2022, 11:21:27 WIB Pengawasan
Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2024 ini digelar serentak se-Indonesia

Balikpapan - Bawaslu Kota Balikpapan yang terdiri dari Anggota dan Jajaran Seketariat melakukan Apel siaga Pengawasan Pemilu Tahun 2024 yang di lakukan di Halaman Kantor Seketariat Bawaslu Kota Balikpapan.

Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2024 ini digelar serentak se-Indonesia, Kegiatan ini dilaksanakan sebagai langkah simbolis dari Bawaslu untuk mempersiapkan jajarannya dalam menghadapi tahapan Pemilu yang sudah dimulai pada tanggal 14 Juni 2022.

Apel siaga kali ini di pimpin langsung oleh Hari Dermanto Selaku Anggota Bawaslu Provinsi Kalimantan Timur Divisi Penanganan Sengketa, Heri Dermanto mengatakan, saat ini berbagai persiapan sudah dilakukan oleh Bawaslu salah satunya melakukan refleksi internal penyelenggaraan pemilu pada 2020 lalu, dan menata organisasi karena tata kelola organisasi menghadapi pemilu 2024.

Baca Lainnya :

“Sehingga dilakukan refleksi mulai dari musibah tata kelola bagaimana organisasi ini mempersiapkan diri menghadapi di 2023 pemilu dan tahapannya,” ujar Heri Dermanto kepada Inibalikpapan.com, Selasa (14/6/2022).

Selebihnya tidak ada yang benar baru dalam peningkatan kapasitas kemudian tantangan berikutnya perekutan anggota bawaslu.

“Baru nanti kami melakukan perekrutan tahun ini, artinya kami bagaimana pun yang direkrut harus siap menghadapi tantangan pemilu,” ujar Heri.

Saat ini pihaknya masih menunggu instruksi dari provinsi yang melihat jadwal program di provinsi cuma menerima kebijakan penyelenggara dari pusat yang dijalankan, secara umum

“Strateginya lebih banyak kepada perbaikan sarana dalam pembangunan pemilu, karena kita gak mau penegakkan hukum pemilu dari proses hukumnya bisa kita dekati tentang proses demokratis pemilu,”akunya.

Yang mana tahapan Pemilu 2024 akan dimulai di pertengahan Juni 2022. Hal ini sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 (UU Pemilu). Pasal 167 ayat 6 yang menyebut bahwa tahapan penyelenggaraan pemilu dimulai 20 bulan sebelum hari pemungutan suara.

“Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 3 Tahun 2022 tentang Tahapan, Jadwal dan Program Pemilu 2024, tahapan pemilu akan dimulai pada 14 Juni 2022,” akunya.

“Tahapan dimulai dengan perencanaan program dan anggaran serta penyusunan peraturan pelaksanaan penyelenggaraan Pemilu,” tambahnya.

 Sumber : Bawaslu Lakukan Persiapan Jelang Pemilu 2024 - IniBalikpapan.Com




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment