; charset=UTF-8"> Sengketa Pemilu Archives - Bawaslu Kota Balikpapan fungsi

Sengketa Pemilu

Bawaslu Telah Terima 29 Permohonan Penyelesaian Sengketa Pilkada 2020

Balikpapan.bawaslu.go.id – Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Anggota Bawaslu Rahmat Bagja menyebutkan, hingga 16 Maret 2020, total permohonan penyelesaian sengketa tahapan pemenuhan persyaratan dukungan pasangan calon perseorangan Pilkada 2020 sebanyak 29 permohonan. Dari jumlah tersebut, 25 permohonan diregister, dua permohonan tidak dapat diregister dan dua permohonan tidak dapat diterima.

Read More

Sosialisasi Penyelesaian Sengketa Pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Balikpapan 2020

BawasluBalikpapan – Badan Pengawas Pemilu Kota Balikpapan menyelenggarakan Sosialisasi Penyelesaian Sengketa Pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Balikpapan 2020, di Hotel Grand Tjokro, Balikpapan, Sabtu (15/2/2020). Adapun sasaran sosialisasi ini adalah partai politik, tim masing-masing bakal calon peserta Pemilihan, organisasi lintas generasi dan juga media massa.

Read More

Sidang Sengketa PEMILU 2019 (I)

Bawaslu Kota Balikpapan – Hari ini, Jum’at 14 Juni 2019, Mahkamah Konstitusi melaksanakan sidang Pendahuluan Perselisihan Hasil Pemilu (PHPU) Presiden/Wakil Presiden tahun 2019. MK itu merupakan salah satu pelaku kekuasaan kehakiman yang berwewenang mengadili Perselisihan Hasil Pemilu sebagimana dimaksud UUD 1945.

MK (Mahkamah Konstitusi) memiliki waktu 14 (empat belas) hari kerja untuk memutus perselisihan yang timbul akibat keberatan Penetapan Perolehan Suara hasil Pemilu 2019 secara Nasional yang ditetapkan KPU RI, sejak Permohonan dicatat dalam buku register.

Perlu diketahui bahwa MK (Mahkamah Konstitusi) itu mempunyai 9 (sembilan) orang anggota hakim konstitusi, dan putusan MK bersifat final. Artinya putusan MK (Mahkamah Konstitusi) langsung memperoleh kekuatan hukum tetap sejak diucapkan dan tidak ada upaya Hukum yang dapat ditempuh.

Para Pihak dalam Sengketa PHPU yaitu :

  • Pemohon,
  • Termohon dan,
  • Pihak terkait.

Source: Dedi Irawan

Develop by ANKEALcode