; charset=UTF-8"> Gakkumdu Archives - Bawaslu Kota Balikpapan fungsi

Gakkumdu

Persiapan Bawaslu Balikpapan dalam penyelesaian sengketa pemilihan kepala daerah Balikpapan tahun 2020

Balikpapan.bawaslu.go.id – Dalam kesempatan rapat via video conference zoom divisi penyelesaian sengketa Bawaslu Se Kalimantan Timur yang digelar (22/04/2020), pokok bahasannya adalah sosialisasi Peraturan Bawaslu terbaru nomor 2 tahun 2020 tetang tatacara penyelesaian sengketa, kemudian dilanjutkan persiapan masing-masing kabupaten/kota dalam penangan penyelesaian sengketa pemilihan dalam masa pandemic covid-19, dan terakhir sempat disinggung terkait keberadaan sentra gakkumdu.

Read More

Hingga 13 Maret, Bawaslu Telah Periksa 325 Kasus Pelanggaran Netralitas ASN

Balikpapan.bawaslu.go.id – Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum. Anggota Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo menyebutkan, hingga 13 Maret 2020, Bawaslu telah memeriksa 325 kasus dugaan pelanggaran netralitas aparatur sipil negara (ASN). Rinciannya, 268 kasus telah direkomendasikan kepada Komisi ASN, 34 kasus dihentikan, dan 23 kasus lainnya masih dalam proses pemeriksaan.

Read More

[repost] Dewi Harap Komitmen Moral Tiga Institusi dalam Sentra Gakkumdu

Badan Pengawas Pemilihan Umum – Anggota Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo minta adanya komitmen yang kuat dalam tiga institusi di Sentra Gakkumdu (Penegakan Hukum Terpadu) yaitu Bawaslu, kejaksaan, dan kepolisian. Hal ini menurutnya merupakan bentuk jawaban terhadap Undang-Undang (UU) Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota yang tidak mengalami perubahan dalam menghadapi Pilkada 2020.

Read More

NETRALITAS DAN HAK POLITIK TNI, POLRI SERTA ASN DALAM PELAKSANAAN PEMILIHAN KEPALA DAERAH TAHUN 2020

BawasluBalikpapan – Setiap warga negara memiliki hak memilih dan dipilih yang mendapatkan jaminan dari berbagai instrument hukum yang berlaku secara nasional maupun internasional. Pasal 21 Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia menyatakan bahwa “1. Setiap orang berhak turut serta dalam pemerintahan negerinya sendiri, baik dengan langsung maupun dengan perantaraan wakil-wakil yang dipilih dengan bebas; 2. Setiap orang berhak atas kesempatan yang sama untuk diangkat dalam jabatan pemerintahan negerinya.” Pasal 28D ayat (3) Undang Undang Dasar 1945 menyatakan bahwa “setiap warga negara berhak
memperoleh kesempatan yang sama dalam pemerintahan.” Dan pada Pasal 43 undang-undang Nomor 39 Tahun 1999 Tentang Hak Asasi Manusia menyatakan bahwa “Setiap warga negara berhak untuk dipilih dan memilih dalam pemilihan umum berdasarkan persamaan hak melalui pemungutan suara yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.”

Read More

Gakkumdu Bawaslu Balikpapan konsultasi dengan Gakkumdu Bawaslu Prov. Kaltim terkait dugaan Pelanggaran Pidana Pemilu yang sedang ditangani oleh Tim Gakkumdu Bawaslu Balikpapan

Bawaslu Balikpapan – Kamis, 20 Maret 2019 Gakkumdu Bawaslu Kota Balikpapan melakukan rapat konsultasi dengan Gakkumdu Bawaslu Provinsi Kalimantan Timur, terkait dugaan Pelanggaran Pidana Pemilu yang sedang ditangani oleh Tim Sentra Gakkumdu Bawaslu Kota Balikpapan di Ruang Rapat Bawaslu Provinsi Kalimantan Timur di Samarinda.

Read More

Develop by ANKEALcode